Friday, May 18, 2012

ProMAX-Part1

ProMAX merupakan salah satu perangkat lunak pengolahan data seismik yang cukup populer baik di kalangan industriawan maupun akademisi.

Pada platform Linux, ProMAX dapat dipanggil dengan perintah promax, run_promax, start_promax, dll. ProMAX memiliki tiga lapis window yakni AREA, LINE, FLOW. Berikut adalah penampilannya (klik untuk memperbesar):
  
Pada window AREA dan LINE terdapat menu Select, Add, Delete, Rename, Copy dan Permission. Select adalah untuk memilih AREA atau LINE yang telah ada sebelumya
Add untuk membuat AREA atau LINE yang baru
Select untuk memilih
Rename untuk mengganti namanya.

Window FLOW merupakan window utama membuat dan mengeksekusi flow pengolahan data seismik. Di bagian kanan window FLOW terdapat ratusan fungsi pengolahan data seismik yang ada dapat pilih. Anda dapat memilihnya dengan mengklik fungsi yang bersangkutan atau dengan mengarahkan kursor ke bagian kanan lalu mengetikkan fungsi yang akan digunakan (contoh input) maka seluruh fungsi yang mengandung kata input akan muncul. Setelah diklik, fungsi tersebut akan muncul di bagian kiri. Untuk mengedit parameter fungsi di sebelah kiri, klik dengan MMB (Middle Mouse Button), untuk meng-enable atau disable, klik dengan RMB (Right Mouse Button).

No comments: