Saturday, April 18, 2009

AVO Attributes

Untuk memahami konsep AVO Attributes, tengoklah kembali persamaan-persamaan AVO yang merupakan aproksimasi terhadap persamaan teoritis Zoeppritz. Persamaan-persamaan AVO tersebut diantaranya: Shuey, Verm-Hilterman, Fatti dan Smith & Gidlow yang umumnya merupakan fungsi amplitudo terhadap sudut datang (θ). Berikut ini deskripsi persamaan-persamaan di atas:
Dari persamaan-persamaan AVO di atas, maka kita akan memperoleh AVO Attributes seperti :
Intercept (A)
Gradient (B)
Product (A*B) [Hampson-Russell]
Scaled Poisson’s Ratio Change (aA+bB) [Hampson-Russell]
Scaled S wave Reflectivity (aA-bB) [Hampson-Russell], dimana a dan b adalah konstanta.
Rp-Rs ~ (A+B)/2
Rs ~ (A-B)/2
Normal Intercept (NIp)
Poisson Reflectivity (PR)
Fluid Factor (ΔF)
Rp merupakan zero offset P-wave reflectivity dan Rs merupakan zero offset S-wave reflectivity.

Untuk memperoleh AVO attributes, data input berupa CDP gather digunakan. Tentunya data tersebut telah di-conditioned sehingga variasi ampludonya hanyalah karena AVO diantaranya dengan menghilangkan efek differential attenuation ataupun NMO stretching. Dari masing-masing CDP gather, kita melakukan kalkulasi attribute AVO, katakanlah A dan B, lalu dengan menggunakan seluruh gather yang ada, sebuah penampang AVO attribute (section) dapat ditampilkan.

Gambar di bawah ini menunjukkan salah satu AVO attribute berupa Scaled Poisson’s Ratio Change (aA+bB), yang merupakan indikator reservoir yang tersaturasi hidrokarbon:

Courtesy Hampson-Russell

2 comments:

hanafi said...

salam kenal pak agus,saya mhasiswa yg akan mengambil bahan tugas akhir tentang AVO dan Inversi.,klo bapak berkenan bisa jelaskan tidak ap yg dmadsud dengan intercept dan gradien tsb,dan kalau untuk hrs inputan yg kita perlukan itu ap sja ya pak?..

terima kasih sbelumnya.

salam

Agus Abdullah, PhD said...

http://ensiklopediseismik.blogspot.com/2009/04/intercept-dan-gradient-avo.html