Friday, November 28, 2008

Poisson Impedance

Adalah sebuah atribut yang diturunkan dari kombinasi P Impedance (ρ Vp) dan S Impedance (ρ Vs). Poisson Impedance diklaim sebagai atribut yang berhubungan langsung dengan indicator hidrokarbon.

Ide dasar dari Poisson Impedance dapat dilihat pada gambar dibawah ini:


Courtesy Quakenbush et al. [2006]

Pada gambar diatas, terlihat bahwa dari sifat AI (Acoustic Impedance = P Impedance) dan SI (shear Impedance) , oil sand tidak begitu jelas terpisahkan dari brine sand dan shale.

Untuk memisahkan litologi tersebut, Quakenbush et al. [2006], mengusulkan untuk mengekstrak sifat PI (Poisson Impedance) dengan cara melakukan ‘rotasi’ dari krosplot tersebut .

Secara matematis, hubungan PI, SI dan AI dapat dituliskan sbb:
PI=AI-cSI,

dimana c merupakan parameter rotasi.

Pada prakteknya parameter c adalah inverse dari kemiringan hubungan litologi dan fluida [Hampson-Russell]. Sehingga jika kita mengadopsi persamaan Castagna [1996] untuk batupasir yang tersaturasi air i.e. Vs=0.8042Vp-0.8559 (lihat artikel Vp/Vs pada blog ini), maka c=1/0.8042 = 1.24.

Gambar dibawah ini menunjukkan log Poisson Impedance, Acoustic Impedance, Shear Impedance. Dari gambar tersebut terlihat bahwa, level reservoir yang megandung gas lebih mudah diamati pada log Poisson Impedance.

Courtesy Hampson-Russell

No comments: