Monday, February 18, 2008

Rich Azimuth (RAZ) Seismic

Rich Azimuth (RAZ) Seismic
Adalah metoda pengambilan data seismik 3 dimensi (3-D) yang merupakan kombinasi antara seismik multi-azimuth (MAZ) dan wide azimuth (WAZ) (lihat entry mengenai seismik multi-azimuth dan wide azimuth pada blog ini). Tujuan dari pengambilan data dengan metoda ini adalah untuk membuat distribusi offset-azimuth yang merata ke semua arah. Hal ini dijelaskan pada gambar di bawah ini:

Rich Azimuth (RAZ) Seismic

Gambar di atas menunjukkan konsep rich azimuth survey, yang digambarkan sebagai MAZ + WAZ = RAZ. Panel atas menggambarkan diagram rose dari distribusi offset-azimuth.

Warna panas (merah) menunjukkan jumlah fold yang tinggi dan warna dingin (biru) menunjukkan jumlah fold yang rendah. Panel bawah menunjukkan posisi kapal (bintik hitam) dan kabel perekam (garis hijau) untuk masing-masing survey.

Panel kiri menunjukkan distribusi offset-azimuth untuk survey MAZ, dengan azimuth 3 arah, tetapi tiap arah memiliki azimuth yang sempit. Panel tengah menunjukkan distribusi offset-azimuth untuk survey WAZ, dengan azimuth yang cukup lebar, tetapi hanya ke satu arah.

Panel kanan menunjukkan distribusi offset-azimuth untuk survey RAZ, dengan azimuth yang lebar dan memiliki distribusi ke 3 arah.

Gambar di atas courtesy Howard, M, Marine seismic surveys with enhanced azimuth coverage: Lessons in survey design and acquisition, The Leading Edge, April 2007.

Artikel ini kontribusi Befriko Murdianto , Chevron Indonesia Company

1 comment:

Anonymous said...

Minggu lalu aku barusaja mengikuti presentasi WesternGeco utk hal ini. Cukup menarik, tapi syapa ya yang mau membayar mahal utk sebuah hasil survey seperti ini ?
Lima tahun lalu di Shell Brunei saya juga mendapat info risetnya Shell yang menggunakan sumur2 sebagai titik2 lokasi utk recievers (banyak sumur). Kmudian dilewati kapal yg membawa water-gun source. Mirip walkaway seismic VSP, tetapi utk 3D bahkan dengan tomographic. Hanya saja ini masih riset 5 tahun lalu, ntah sekarang bagaimana kelanjutannya. Shell dunianya emang beda :P