Monday, March 31, 2008

Hockey Stick

Adalah istilah yang populer digunakan dalam industri pengolahan data seismik untuk menjelaskan fenomena sebuah event seismik yang melengkung menyerupai bentuk stick hockey. Event seismik tersebut berada dalam gerbang CDP setelah proses NMO.

Dalam proses NMO, bentuk event yang dikehendaki adalah sedatar mungkin (flat), akan tetapi karena efek anisotropi dan karakter jejak gelombang, bentuk hockey stick adalah bentuk yang lazim diperoleh. Dengan memahami bentuk hockey stick dalam gerbang CDP, kita dapat mendesain mute yang optimal sehingga diperoleh final stack yang bagus. Desain mute yang optimal terletak pada titik lengkung hockey stick tersebut. Jika desain mute terlalu ke arah far offset, maka gelombang frekuensi rendah akibat stretching akan muncul di dalam stack. Jika desain mute terlalu kearah near offset maka kita akan kehilangan data.

3 comments:

Anonymous said...

salam kenal kak agus,

blognya bener2 bermanfaat dan berkualitas
amat terasa dibantu dalam dunia seismik lewat media ini
semoga semakin banyak post-ing nya.

thx,
adnan
ps: jadi pengen megang stik hoki lagi setelah dua tahun gantung stik..
cheers

Alfa said...

salam mas agus..
sblmnya salam kenal, saya Alfa dan trimakasih mas,blognya sgt brmanfaat.
saya pengen nanya mas, yg saya tau Hockey Stick ini salah satu efek dari karakter anisotropinya lapisan yah.tapi saya masi bingung cara membedakan Hockey stick dengan efek streching akibat NMO..jika sama, apakah dengan mengaplikasikan parameter anisotropi bisa mereduksi efek strechingnya?
terus mas jika efek streching direduksi dengan menarik event seismik di jalur reflektornya hingga lurus(dlm hal ini ditarik kebawah) pasti di bagian trace di atasnya ter-strech lagi dan bagian bawahnya terkompresi, kalo yg sy maksud ini benar mas, mungkin aman jika di sekitar eventnya adalah noise, tapi kalo ada reflektor lain bagaimana yah..
mohon pencerahannya mas agus..

terima kasih,
regards

Agus Abdullah, PhD said...

jika mengalami kesulitan dalam melihat efek anisotropy setelah NMO. Maka anisotropy pun dapat dilihat sebelum NMO (tidak ada streching). efek anisotropy sebelum NMO terlihat adanya 'kink' pada hiperbola refleksi. kink tersebut adalah deviasi dari hiperbola yang ideal. NMO stracing hanya merubah amplitudo (mengurangi frekuensi), tidak ada hubungannya dengan hockey stick.