Thursday, February 14, 2008

APF.VO (Amplitude, Phase and Frequency versus Offset)

Merupakan pengembangan dari metoda AVO konvensional untuk menganalisa efek sifat elastik batuan seperti kecepatan gelombang, fluida pori, litologi, dll. terhadap amplitudo, fasa dan frekuensi sejalan dengan bertambahnya offset.

Publikasi terkait dengan masalah ini nampaknya sampai saat ini masih terbatas. Penelitian APF.VO yang dilakukan oleh Mazzotti A [1991] menujukkan perubahan karakter plot APF.VO untuk model lapisan batuan dengan kondisi fluida pori maupun litologi yang berbeda yang menghasilkan pergeseran fasa gelombang maupun variasi amplitudo.

Pengetahuan tambahan adanya variasi fasa dan frekuensi terhadap offset sebagai efek dari sifat elastik batuan tentunya akan membantu interpretasi teknik AVO konvensional.

Untuk topik ini, pemilik blog tidak mencantumkan gambar hasil penelitian APF.VO yang dilakukan oleh Mazzotti A [1991], karena terkait copyright, walaupun beberapa gambar bisa dibeli seharga ratusan dollar. Adakah peneliti muda di tanah air tercinta yang mau mengangkat topik ini?

3 comments:

Anonymous said...

Salam semangat buat Pak Agus

perkenalkan saya roni penggemar baru tulisan anda,

saya tertarik dengan tulisan ini walaupun saya baru belajar mengenai AVO, jika diperkenankanboleh kah saya berdiskusi dengan anda mengenai hal ini.

Terimakasih
Roni

Anonymous said...

salam hormat pak agus, perkenalkan saya Arief, mahasiswa tingkat akhir progam studi geofisika ITS (masih bernaung di jurusan Fisika). Saya senang telah menemukan halaman ini. Saya ingin mengangkat topik ini di tugas akhir saya. Kalau boleh, perkenankan saya mengetahui contact person atau email anda untuk diskusi dan menjadi pembimbing saya. trima kasih sebelumnya

Agus Abdullah, PhD said...

Silakan email saya agusabdullah@gmail.com