Thursday, October 9, 2008

Anomalous Amplitude noise Attenuation (AAA)

Adalah teknologi pengolahan data seismik yang merupakan multi step flow (tahapan prosesing bertingkat). AAA ditujukan untuk mengidentifikasi anomali amplitudo seismik (dalam hal ini amplitudo noise) seperti spike noise, swell noise, trace yang bernoise, dll.

AAA merupakan filter yang diterapkan pada data didalam domain frekuensi baik dalam CDP, shot maupun offset gather.
Gambar di atas adalah contoh aplikasi AAA didalam pengolahan data seismik. (A) adalah CDP gather sebelum, (B) adalah setelah proses AAA dan (C) adalah perbedaan antara A dan B. Perhatikan noise di dalam lingkaran hitam yang dapat dihilangkan dengan baik setelah proses AAA.

Teknologi AAA merupakan salah satu portofolio pengolahan data seismik yang dimiliki oleh Western Geco.

2 comments:

Unknown said...

Yang membedakan AAA dari (bandpass) filter adalah AAA bekerja pada frequency bands, artinya sebelum data difilter, akan dipecah dulu ke dalam frequency band masing-masing. Misalkan data kita memiliki jangkauan frekuensi 6-125 Hz dan akan dibagi menjadi 6 frequency band yang sama (misalnya), maka data kita akan dipecah menjadi 6-25, 26-45, 46-65, 66-85, 86-105, dan 106-125 Hz. AAA kemudian akan diterapkan pada tiap-tiap frequency band sesuai threshold yang telah ditentukan. Setelah difilter, keenam frequency band tersebut digabungkan kembali untuk mendapatkan hasil output.

Agus Abdullah, PhD said...

Terimakasih Pak Befriko,
Ditunggu tulisan yang lainnya.