Saturday, October 29, 2011

Advanced SU Part-8: Ray Tracing

Setelah kita melakukan pemodelan kecepatan, pada bagian ini saya akan mendemonstrasikan cara melakukan ray tracing (triray) pada model tersebut.

Pada desain survey seismik, ray tracing penting dilakukan untuk mempelajari perilaku jejak gelombang seismik, derajat iluminasi, serta penentuan parameter lapangan seperti panjang kabel, geometri, dll.

Gambar di bawah ini menunjukkan jejak gelombang dari 3 shots yang direfleksikan oleh horison 2 (merah), horison 3 (hijau) dan horizon 4 (biru).

Berikut adalah kode Bourne Shell yang digunakan untuk menghasilkan gambar di atas.

#! /bin/sh
set -x

triray < modelfile.bin > rayend1.bin rayfile=ray1.bin \
nangle=20 fangle=-75 langle=75 \
xs=8 zs=0.0 nxz=600 \
refseq=2,1

triray < modelfile.bin > rayend2.bin rayfile=ray2.bin \
nangle=22 fangle=-25 langle=25 \
xs=21 zs=0.0 nxz=600 \
refseq=2,0 refseq=3,1

triray < modelfile.bin > rayend3.bin rayfile=ray3.bin \
nangle=20 fangle=-15 langle=15 \
xs=27 zs=0.0 nxz=600 \
refseq=2,0 refseq=3,0 refseq=4,1

psgraph < ray1.bin > ray1.eps \
nplot=`cat outpar` n=600 hbox=4.0 wbox=10.0 \
x1beg=0.0 x1end=4.0 x2beg=0 x2end=30 \
d1num=0.5 d2num=1.0 style=seismic linecolor=red \

psgraph < ray2.bin > ray2.eps \
nplot=`cat outpar` n=600 hbox=4.0 wbox=10.0 \
x1beg=0.0 x1end=4.0 x2beg=0 x2end=30 \
d1num=0.5 d2num=1.0 style=seismic linecolor=green \

psgraph < ray3.bin > ray3.eps \
nplot=`cat outpar` n=600 hbox=4.0 wbox=10.0 \
x1beg=0.0 x1end=4.0 x2beg=0 x2end=30 \
d1num=0.5 d2num=1.0 style=seismic linecolor=blue \

spsplot < modelfile.bin> modelfile.eps \
gedge=0.5 gtri=2.0 gmin=0 gmax=1 \
labelz="Depth (km)" labelx="Distance (km)" \
dxnum=1.0 dznum=0.5 wbox=10 hbox=4

psmerge in=modelfile.eps in=ray1.eps in=ray2.eps in=ray3.eps > output.eps

gv output.eps
exit

Kode di atas memiliki 3 paket perintah triray, dimana triray pertama digunakan untuk menghasilkan jejak gelombang pertama (merah). modelfile.bin adalah input model kecepatan yang telah saya jelaskan disini. rayend1.bin rayfile=ray1.bin adalah output binary. nangle=20 adalah jumlah sudut tembak (20), fangle adalah sudut tembak pertama -75 derajat dan langle adalah sudut tembak terakhir 75 derajat. xs dan zs adalah lokasi shot (jarak dan kedalaman), nxz=600 adalah jumlah pasangan (x,z) pada rayfile. refseq=2,1 menunjukkan bahwa gelombang harus terefleksikan oleh horison ke 2. Pelajari parameter yang saya pakai untuk masing-masing shot. psgraph adalah merubah format bin ke eps. psmerge adalah menggabungkan semua file eps.

No comments: