Sunday, January 13, 2008

Frekuensi Sesaat (Instantaneous Frequency )

Fekuensi Sesaat merepresentasikan besarnya perubahan Fasa Sesaat terhadap waktu atau sebagai slope jejak Fasa yang diperoleh dari turunan pertama dari Fasa Sesaat :



[Persamaan (1)]



Frequensi Sesaat (b) sebagai turunan pertama Fasa Sesaat (a)

Frekuensi Sesaat memiliki rentang frekuensi dari (–) Frekuensi Nyquist sampai (+) Frekuensi Nyquist, tetapi sebagian besar Frekuensi Sesaat bernilai positif.

Frekuensi Sesaat memberikan informasi tentang perilaku gelombang seismik yang mempengaruhi perubahan frekuensi seperti efek absorbsi, rekahan, dan ketebalan sistem pengendapan.

Atenuasi gelombang seismik ketika melewati reservoir gas dapat dideteksi sebagai penurunan frekuensi, fenomena ini lebih dikenal dengan ‘low frequency shadow’ (Barnes, Arthur E.,1999). Hilangnya frekuensi tinggi menunjukkan daerah overpressure.

2 comments:

Anonymous said...

Nilai frekuensi sesaat ada yg negatif, maksudnya bagaimana? Asal negatif bagaimana,bukankan frekuensi itu banyaknya cycle per satuan waktu, kok bisa negatif? Mohon dijelaskan.

Terimakasih

Agus Abdullah, PhD said...

White (1991) menyebutkan bahwa adanya nilai negatif dalam instantaneous frekuensi menunjukkan bahwa kuantitas instantaneous frekuensi bukanlah frekuensi dalam arti cycle per satuan waktu.

Akan tetapi instantaneous frekuensi disini merupakan sebuah atribut yang merupakan turunan dari instantaneous phase. Lihatlah komponen instantaneous phase sendiri memiliki nilai negatif dan positif sehingga turunannya pun akan demikian.