Monday, December 17, 2012

Bresenham Algorithm

Bresenham Algorithm merupakan algoritma untuk menelusuri jejak garis lurus antara dua titik berdasarkan informasi koordinat dua titik tersebut dengan slope-nya.

Gambar di bawah ini menjelaskan penelusuran garis (biru) antara (x1,y1) dan (x2,y2) dengan kemiringan dy/dx, lokasi titik yang dilewati pada setiap pixel (kotak) merupakan fungsi dari titik awal dan kemiringannya.





Pada artikel ini, saya akan menjelaskan aplikasi Bresenham untuk  imaging. Disamping itu saya akan menjelaskan bagaimana caranya mengubah image jpg menjadi image digital sehingga bisa diterapkan pada konsep imaging. Konsep imaging yang dimaksud adalah Seismic Tomography. Semua file (matlab) untuk artikel ini dapat didownload di sini.

Gambar di bawah ini adalah file jpg yang saya buat dengan power point dimana nama saya berwarna putih dan backgound-nya berwarna hitam. 


Dengan perintah berikut saya ubah menjadi digital, dimana warna putih  bernilai 1 dan hitam bernilai 0.

X=imread('agus.jpg');
X2= imresize(X,[31 31]);
BW = im2bw(X2);
imshow(BW)

Angka 31 mencerminkan banyaknya baris dan kolom pada output digital, di mana hasilnya:

Lalu dengan menggunakan Algortima Bresenham, saya meng-iluminasi gambar ‘AGUS’ :


Image digital saya plot ulang:


Dan berikut adalah image yang direkonstruksi dengan Tomography:


No comments: