Friday, September 11, 2009

Gassmann Fluid Substitution

Gassmann Fluid Substitution merupakan pendekatan yang sering digunakan didalam studi seismik 4D atau studi AVO untuk mempelajari tentang efek pergantian fluida pori terhadap perilaku gelombang seismik. Gassmann Fluid Substitution didasarkan pada persamaan (klik untuk memperbesar) :
Ksat1 adalah modulus bulk batuan yang tersaturasi fluida 1
Ksat2 adalah modulus bulk batuan yang tersaturasi fluida 2
Kfluid1 adalah modulus bulk fluida 1
Kfluid2 adalah modulus bulk fluida2
Kmin adalah modulus bulk mineral yang membentuk batuan
Φ adalah porositas batuan

Persaman tersebut di atas dibuat dengan beberapa asumsi: sifat material yang isotropis, homogen dan hanya berlaku untuk frekuensi rendah (i.e. frekuensi gelombang seismik).

Pada praktiknya, Gassmaan Fluid Substitution untuk studi seismik dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Pertama, mengukur kecepatan gelombang P (Vp), kecepatan gelombang S (Vs) dan densitas (ρ) dari batuan yang tersaturasi fluida 1. Data ini dapat diperoleh dari data log ataupun dari pengukuran laboratorium.

Kedua, menghitung Ksat1, yakni mobulus bulk batuan yang tersaturasi fluida 1 (katakanlah kondisi awal, batuan tersebut tersaturasi oleh gas) serta mengukur modulus gesernya:

Ketiga, menghitung Ksat2 dengan menggunakan persamaan Gassmann di atas. Informasi lain yang diperlukan adalah Kfluid1, Kfluid2, Kmin, dan Φ

Keempat, menghitung densitas batuan setelah tersaturasi oleh fluida 2 (katakanlah water). Untuk kasus ini gas disubstitusi oleh water.

Dalam hal ini ρsat1 adalah densitas batuan yang tersaturasi fluida 1 (ρ), ini ρfluid1 adalah densitas fluida 1 (densitas gas), ρfluid2 adalah densitas fluida 2(densitas water).

Kelima, menghitung Vp dan Vs batuan yang tersaturasi oleh fluida 2.

Dimana μsat2 = μsat1, mengapa?
Dari perhitungan di atas: Vp, Vs, dan ρ untuk batuan yang tersaturasi oleh fluida 2 (water) telah diperoleh. Dengan demikian, kita sudah bisa melakukan pemodelan seismik untuk fluid substitution!

Gambar di bawah ini menunjukkan aplikasi Gassmann Fluid Substitution untuk memodelkan perilaku Vp untuk gas dan brine.

Courtesy Fusiongeo

No comments: