Friday, September 12, 2008

Volume Assessment

Topik ini bukanlah istilah seismik, akan tetapi karena penggunaannya sangat penting didalam eksplorasi maka saya memasukkannya ke dalam blog ini.

Volume assessment adalah evaluasi volumetrik kandungan hidrokarbon suatu reservoir. Terdapat beberapa point yang menjadi perhatian evaluasi ini:
1. GRV (Gross Rock Volume) adalah volume total reservoir yang dibatasi oleh TOP reservoir, BASE reservoir dan Structural Spill Point (SSP). Satuan GRV adalah meter kubik atau acre foot. Structural Spill Point sendiri adalah level sejauh mana hidrokarbon dapat mengisi reservoir sebelum akhirnya ‘tumpah’ ke tempat lain karena kontrol struktur. Gambar dibawah ini menunjukan sistem perangkap struktur dengan dua buah antiklin yang terisi hidrokarbon. GRV prospek ini adalah = GRV1+GRV2.










2. Net to Gross (N/G) adalah persentase reservoir setelah dikurangi kandungan shale. N/G memiliki satuan persen atau desimal. Sebagai contoh reservoir silisiklastik dengan N/G=80%, memiliki kandungan 20% shale.
3. Porositas (satuan persen atau desimal)
4. Oil Saturation (OS) adalah tingkat kejenuhan minyak (persen atau desimal)
5. Gas Saturation (GS) adalah tingkat kejenuhan gas (persen atau desimal)
6. Recovery Factor (RF) untuk minyak dan gas : seberapa persenkah minyak dan gas dapat diangkat kepermukaan (persen atau desimal)
7. Formation Volume Factor (FVF) adalah tingkat ‘pengembangan’ minyak di permukaan bumi setelah dikeluarkan dari reservoir. Karena pengaruh tekanan satu liter volume minyak di dalam reservoir akan mengembang setelah dikeluarkan ke permukaan. Kisaran FVF pada 3500 psia adalah 1.333 bbl/STB.
8. Gas Expansion Factor (GEF), definisi sama dengan FVF tetapi untuk kasus gas. Kisaran GEF 230-300 scf/cf.
9. Net Rock Volume (NRV) = GRV x N/G (meter kubik atau acre foot)
10. Net Pore Volume (NPV) = NRV x Porositas (meter kubik atau acre foot)
11. Original Oil in Place (OOIP) = NPV x OS x FVF (satuan mbo)
12. Original Gas in Place (OGIP) = NPV x GS x GEF (satuan tcf)
13. Recoverable Oil = OOIP x RF (mbo)
14. Recoverable Gas = OGIP x RF (tcf)
15. Recoverable Oil with risk = Recoverable Oil x risk factor (mbo)
16. Recoverable Gas with risk = Recoverable Gas x risk factor (tcf)
Risk factor merupakan nilai hipotetik persentase resiko.

No comments: