Monday, June 18, 2007

Zona Fresnel (Fresnel Zone)

Adalah lebar bidang benda anomali yang mampu 'dilihat' oleh gelombang seismik (lihat Resolusi Seismik).



Lebar sempitnya Zona Fresnel (B-B') tergantung pada panjang gelombang dan frekuensi gelombang seismik yang digunakan. Semakin tinggi frekuensi seismik yang digunakan, semakin sempit Zona Fresnel dan sebaliknya. Artinya untuk melihat benda-benda anomali kecil di bawah perut perlu digunakan frekuensi gelombang yang tinggi. Sayangnya karena adanya attenuasi, frekuensi tinggi hanya mampu melihat anomali-anomali dangkal.

Istilah 'Fresnel' digunakan untuk menghormati Fisikawan perancis Augustin Jean Fresnel (1788-1827) yang menemukan teori gelombang optik.
(Foto Augustin Jean Fresnel diambil dari wikipedia)

1 comment:

Anonymous said...

Assamu'alaikum..
ma agus yth, saya mau tanya hubungan p-wave dan density, saya mau inversi post tack, tapi well saya keterbatasan sama data log density, makanya saya mau memperoleh density dari P-wave, alasan ini saya peroleh dari persamaan Gardner. tapi belum begitu mengerti. mohon penjelasannya. makasih
Wassalamu'alaikum