Thursday, June 21, 2007

Polaritas Normal Polaritas 'Reverse'

Saat ini terdapat dua jenis konvesi polaritas: Standar SEG (Society of Exporation Geophysicist) dan Standar Eropa. Keduanya berkebalikan.

Gambar dibawah ini menunjukkan Polaritas Normal dan Polaritas 'Reverse' untuk sebuah wavelet fasa nol (zero phase) dan fasa minimum (minimum phase) pada kasus Koefisien Refleksi atau Reflection Coefficient (KR atau RC) meningkat (RC positif) yang terjadi pada contoh batas air laut dengan dasar laut/lempung.

Contoh penentuan polaritas pada data seismik real, seabed ditunjukkan dengan trough (merah), hal ini berarti polaritas seismik yang digunakan adalah normal SEG.

2 comments:

Unknown said...

SEG normal polarity selalu menjadi 'perdebatan' hangat...kalau kita lihat definisi-nya dari Sheriff, SEG normal polarity, positive RC displayed as trough bukan as peak.

gotenx said...

klo dlm buku Quantitative Seismic Interpretation karya Per Avseth et.al(hal 170). Ada 2 tipe polarity, American polarity & Europe Polarity.
American normal: positive RC displayed as peak.
Europe normal: positive RC displayed as trough
Ini juga yg dianut oleh Brown.

Sedangkan klo di bukunya Badley 1985, polaritasnya spt yg ada dlm blog nya kang Agus..Bgmn ini y? Malah jg bingung euy..Manakah yg lbh kuat n umum d pakai?

American (Brown)= Europe (Badley)
Europe (Brown) = SEG (Badley)